Sabtu, 11 Agustus 2018

Profil Madrasah Ramah Anak


MTsN 6 JOMBANG SEBAGAI
MADRASAH RAMAH ANAK


A.PROFIL MADRASAH
MTsN 6 Jombang, yang resmi dinegerikan pada tangaal 25 Nopember 1995,  adalah madrasah yang sedang dalam proses berkembang. Madrasah yang punya keinginan untuk maju dan bergerak terus ke depan seiring dengan perkembangan jaman yang semakin global. Dibalik keterbatasan madrasah yang berada di sebuah desa agak jauh dari pusat kota, dengan lingkungan masyarakat desa ber-ekonomi menengah ke bawah dan input peserta didik yang masih kurang, kami bertekat untuk terus berupaya dalam membimbing peserta didik untuk menjadi generasi yang sholeh sholehah, berprestasi, kompetitif, peduli lingkungan dan ramah anak sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan MsN 6 Jombang yang baru.
Perubahan Visi Misi dan Tujuan Madrasah tak lepas dari aspirasi para pemangku kepentingan di madrasah, juga adanya Keputusan Pemerintah Kabupaten Jombang yang menunjuk MTsN 6 Jombang sebagai Rintisan Madrasah Ramah Anak pada bulan Mei 2017 lalu. Dengan predikat baru tersebut, tentunya membawa dampak yang luar biasa bagi MTsN 6 Jombang karena hal ini memberikan motivasi bagi warga madrasah untuk bertekad memenuhi hak-hak peserta didik dalam belajar. Komitmen Bersama kami mengutamakan Pemenuhan Hak-hak Anak, antara lain: Melindungi Hak-hak Anak, Mencegah kekerasan terhadap Anak dan Bersikap Adil dan Menghindari Diskriminasi. Prestasi terkini dari MTsN 6 Jombang adalah berhasil mendapat Penghargaan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) Terbaik Tingkat MTs Tahun 2018 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Hal ini merupakan amanah dan tugas yang sangat besar bagi kami, akan tetapi MTsN 6 akan terus berjuang demi menciptakan generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa Indonesia.


B.Visi MTsN 6 Jombang yaitu:
RELIGIUS, BERPRESTASI, KOMPETITIF, PEDULI LINGKUNGAN DAN RAMAH ANAK

Indikator dari visi di atas adalah:
1. Religius :
a. Memiliki keimanan dan ketakwaan pada Allah swt. yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari.
b. Memiliki sikap dan akhlak yang mulia (akhlakul karimah)
2. Berprestasi :
Berprestasi di bidang akademik dan non akademik
3. Kompetitif :
a. Memiliki kemampuan mengakses ilmu pengetahuan melalui teknologi informasi.
b. Memiliki kemampuan berbahasa asing (Arab-Inggris)
c.  Memiliki kemampuan menghasilkan karya (produk) yang bernilai jual
d. Memiliki kemampuan Wira Usaha

4. Peduli lingkungan dan ramah anak :
a. Menciptakan lingkungan yang Bersih, Sehat, Rindang, Indah (berseri)
b. Menciptakan lingkungan yang Aman, Nyaman dan Kondusif untuk belajar
c.  Memiliki kemampuan mengolah dan memanfaatkan limbah
5. Memberi layanan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa deskriminasi, tanpa kekerasan, dan tanpa perbedaan.

C.Misi Madrasah
Untuk mencapai visi di atas, maka madrasah kami memiliki misi :
1.   Menyelenggarakan pendidikan menengah dalam nuansa keIslaman yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari dan membiasakan warga madrasah melakukan 5–S             (Senyum, Salam, Sapa, Santun dan Sodaqoh).
2.   Melaksanakan Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di bidang akademik (Olimpiade, Karya Ilmiah Remaja, BTQ dan non akademik (pramuka, paskibra, PMR, Qosidah/Al Banjari, bola voli, marching band).
3.   Pengiriman delegasi Lomba di bidang akademik maupun non akademik di dalam maupun di luar madrasah.
4.   Melaksanakan pembelajaran berbasis IT dan Internet dengan pendekatan kontekstual/PAIKEM
5.   Membudayakan komunikasi mengunakan Bahasa Asing (Arab dan Inggris).
6.   Mengembangkan jiwa wira usaha kepada warga madrasah.
7.   Melakukan berbagai kegiatan berperilaku hidup Bersih,Sehat,Rindang,Indah (berseri) dalam kehidupan sehari-hari dengan sarana prasarana yang ramah lingkungan dan ramah anak.
8.   Mengolah dan memanfaatkan limbah dengan cara composing dan kegiatan 3- R (reuse, reduce, and recycle).
9.   Memberi layanan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa deskriminasi, tanpa kekerasan, dan tanpa perbedaan.
D.TUJUAN MADRASAH.
1.   Peserta didik meningkat dalam melaksanakan shalat dhuha bersama dan dhuhur berjama’ah serta perilaku karakter positif dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Peserta didik bebas buta huruf Al-qur’an.
3.   Peserta didik mampu mencapai danmempertahankan kejuaraan bidang akademik dan non akademik.
4.   Peserta didik menunjukkan perilaku disiplin dan taat tata tertib.
5.   Sudah tersedia sarana prasarana untuk pelaksanaan UNBK.
6.   Ada peningkatan nilai UN dengan rerata minimal 7.
7.   Peserta didik menjuarai olimpiade di tingkat kabupaten.
8.   Peserta didik mewakili lomba KIR dan English/Arabic Contest di tingkat kabupaten.
9.   Terpenuhi semua sarana prasarana untuk menjadi madrasah ramah anak (MRA).

10.               Tersedianya SOP (Standar Operasional  Prosedur) di semua bidang.
11.               Terlaksananya pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan.
12.               Terlaksananya rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai standar.
13.               Terwujudnya lingkungan sekolah yang islami dan kondusif untuk belajar
14.               Tersedianya sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi dengan pendekatan Kontekstual/PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).
15.               Terlaksananya Pembelajaran yang
menerapkan ketrampilan dan percobaan serta penelitian
16.               Terlaksananya sistem untuk mengembangkan life skill
17.               Tersedianya sarana prasarana yang memadai dan ramah lingkungan
18.               Terwujudnya Madrasah Adiwiyata dan Ramah Anak
E.  PRESTASI MADRASAH :
I.    Prestasi MTsN 6 Jombang, pada Tahun 2016 antara    
     lain :
a. Juara I Bola Voli Putra tingkat kabupaten di MAN  
        5 Jombang)   
b. Juara I Lomba Sholawat Al-Banjari (di Pondok
   Jombang)        
c.  Juara I Lomba Sholawat Al-Banjari (di MAN
    Jombang)                
d. Juara Harapan Lomba Pionering (di MAN 5
    Jombang)                 
e. Juara I Lomba MTQ (di MAN Jombang)              
f.   Juara Harapan III Festival Al-Banjari di Kemenag
    Jombang
   
II.  Prestasi MTsN6 Jombang, pada Tahun 2017/2018 antara lain :
a. Juara IFestival Banjari di SMA Negeri Jogoroto.
b. Juara II Olimpiade Bahasa Indonesia Dinas Pendidikan Kab. Jombang         
c.  Juara III Turnamen Bola Voli Tingkat Kabupaten di MAN 1 Mojoagung 
d. Juara III Lomba Kepramukaan di MAN 8 Jombang
e. Juara II Tunamen Bola Voli di SMK PGRI Jombang              
f.   Juara Harapan Lomba Qasidah Di MAN 8 Jombang            
g. Juara Harapan Lomba Al-Banjari di MAN 8 Jombang
h. Juara Harapan II KSM Fisika MTs se Kab. Jombang
i.    Juara I Kepala MTs Berprestasi se Kab. Jombang.
j.    Juara II Bola Voli Putra Di MAN 5 Jombang
k.  Juara I Bola Voli Putra di MAN 6 Jombang
l.    Juara II Bola Voli Putra di SMK PGRI I Jombang
m.          Juara III Bola Voli Putra di MAN 1 Jombang
n. Juara II Al Banjari di Desa Bapang




III.   Prestasi MTsN 6 Taun Pelajaran 2018-2019
a. Penghargaan Terbaik SRA Tahun 2018 Tingkat Nasional

F.   PROGRAM UNGGULAN DAN KEUNIKAN MADRASAH TSANAWIYAN NEGERI 6 JOMBANG
1.   MTsN 6 Jombang adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri yang menjadi Rintisan Madrasah Ramah Anak (MRA). Untuk itu, mengutamakan peningkatan Pendidikan Karakter positif sesuai dengan Visi Madrasah menjadi fokus Utama madrasah dan direalisasikan dalam kegiatan Pembiasaan dan kegiatan Character Building lainnya.
2.   Program madrasah yang diunggulkan adalah peningkatan prestasi di bidang non akademik. Hal ini disebabkan rerata kompetensi peserta didik di bidang non akademik lebih tinggi dibanding kemampuan akademik.
3.   Lokasi madrasah di tengah-tengah masyarakat dengan home industry “Tahu” memberikan ide positif dan kreatif bagi madrasah yang akan mengangkat keunggulan lokal dengan mengembangkan bahan dasar ‘Kedelai” menjadi berbagai varian produk yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga madrasah dalam bidang wira usaha.
G.  SEKOLAH RAMAH ANAK
1.   DEFINISI SRA
Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.
2.   KONSEP  SRA
Sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah :
B ersih
A man
R amah
I ndah
I inklusif
S ehat
A sri
N yaman
3.   KOMPONEN
·     Kebijakan SRA (komitment tertulis, SK Tim SRA, program yang mendukung SRA)
·     Pelaksanaan proses belajar yang ramah anak (Penerapan Disiplin Positif)
·     Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terlatih Hak-hak Anak dan SRA
·     Sarana dan Prasarana yang ramah anak (tidak membahayakan anak, mencegah anak agar tidak celaka)
·     Partisipasi anak
·     Partisipasi Orang Tua, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Stakeholder lainnya, dan Alumni

4.   TUJUAN
·     Mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya
·     Mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat
·     Mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam
·     Mencegah anak menjadi perokok dan pengguna napza
·     Menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab dan berkualitas
·     Memudahkan pemantauan kondisi anak selama anak berada di sekolah
·     Memudahkan mencapai tujuan pendidikan
·     Menciptakan lingkungan yang hijau dan tertata
·     Ciri khusus anak menjadi lebih betah di sekolah
·     Anak terbiasa dengan pembiasaan- pembiasaan yang positif
5.   TAHAPAN PEMBENTUKAN

Ø Persiapan
a.   Komitmen Sekolah
b.  Sosialisasi Konsultasi dengan anak
c.   Melaporkan Ke Dinas PP dan PA dan Dinas Pendidikan/Kanwil Kemenag
d.  Identifikasi potensi
e.   Konsultasi dengan anak
Ø Pelaksanaan
a.   Melaksanakan Rencana Aksi/program SRA Tahunan dengan mengoptimalkan semua sumber daya termasuk dr pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha, alumni
dll.
b.  Melakukan upaya pemenuhan kategori SRA tertinggi (Kategori 5)
Ø Perencanaan
a.   Menyusun rencana program tahunan
b.  Merencanakan kesinambungan kebijakan, Program dan Kegiatan yang sudah ada (Inovasi, Uks, Adiwiyata, DLL) serta program lainnya.
c.   Membuat mekanisme pengaduan

Ø Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan
a.   Pemantauan setiap 3 bulan
b.  Evaluasi setiap 6 bulan
c.   Laporan ke Gugus Tugas KLA

H.  UPAYA – UPAYA YANG DILAKUKAN MTsN 6 JOMBANG DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH RAMAH ANAK
1.   Penataan Fisik Madrasah
MTsN 6 Jombang sudah beberapa tahun tidak tersentuh dengan perbaikan secara fisik, baik perubahan lingkungan maupun pemeliharaan sarana dan gedung. Lingkungan yang gersang dengan jumlah tanaman yang kurang membuat suasana panas dan tidak kondusif untuk belajar. Selain itu, perpaduan warna merah dan abu-abu kurang memberikan kesan segar untuk sebuah madrasah yang masih rendah tingkat motivasinya.
 







Beberapa atap juga perlu perbaikan segera, termasuk kamar mandi yang sudah rusak keramik dan atapnya karena sudah terlalu lama pemakaian.
 






Kondisi di atas sangatlah tidak ramah anak karena bisa membahayakan peserta didik jika sewaktu-waktu terjadi runtuhan kayu atau genting di area tersebut.
Untuk itu, perlu adanya perubahan fisik dan suasana yang mendukung proses pembelajaran agar menjadi lebih menyenangkan dan tampak segar. Meskipun pada kenyataannya, madrasah sangat kekurangan anggaran untuk memperbaiki hal-hal di atas.
Langkah-langkah yang diambil sebagai berikut:
a.   Menghimbau dan mempraktikkan terus menerus untuk giat menanam dan memelihara bunga dan tanaman hias. Tanaman berasal dari para peserta didik yang dibawa dari rumah.
b.  Menganalisa anggaran yang ada dan mencari celah untuk bisa melakukan pemeliharaan dari dana yang ada.
c.   Memperbaiki beberapa sarana prasarana yang urgen dan mendesak untuk diperbaiki.
d.  Menambah tenaga kebersihan untuk mendukung program kebersihan dan penghijauan.
e.   Memanfaatkan barang bekas untuk mendukung sarana prasarana.
Beberapa upaya lain dalam Penataan Fisik, yang dilakukan agar madrasah tampak asri, sejuk, bersih dan nyaman untuk belajar, sebagai berikut:
a. Melakukan Program Jum’at Berseri
Berseri singkatan dari Bersih Sejuk, Rindang dan Indah. Sesuai dengan himbauan dalam Madrasah Ramah, maka madrasah berusaha untuk menjadikan lingkungannya bersih, sejuk dan rindang.




b. Memanfaatkan bahan dan barang bekas untuk lingkungan.
Mengurangi barang bekas yang di madrasah, memang belum secara maksimal dilakukan. Akan tetapi, kami berusah untuk berbuat sesuatu untuk memanfaatkan barang-barang yang tidak berguna lagi.
 







c.  Penataan Ruang Guru, Ruang Kepala, Ruang Laboratorium.
Berdasarkan kebutuhan dan kepentinagan, Ruang Guru juga menjadi sasaran untuk dibenahi. Pada awalnya para guru menempati Laboratorium IPA sebagai Ruang Guru. Akan tetapi, sekarang Lab IPA difungsikan kembali untuk praktik penelitian pada mata pelajaran IPA.
Sedangkan, Ruang Kepala yang tadinya menempati ruang yang sempit dan letaknya kurang strategis, segera dipindah ke ruang yang lebih besar dan nyaman untuk menerima tamu dan konsultasi.
 







d. Pembuatan Ruang Sirkulasi
Sebelumnya madrasah belum memiliki ruang sirkulasi, mengakibatkan terhambatnya aktifitas pada saat musim hujan. Meskipun belum semua ada penghubung antar gedung, madrasah sudah berupaya mengadakan ruang sirkulasi.












e. Perbaikan Kamar Mandi  
 







f.   Pengadaan Paranet depan Musholla
Setiap hari madrasah mengadakan pembiasaan Sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah. Pada waktu Dhuha tidak ada masalah meskipun anak putri berada di ruang terbuka karena cuaca belum begitu panas. Akan tetapi pada saat Jamaah Dhuhur terjadi masalah tdak bisa dilakukan bersama-sama karena terik matahari yang panas. Akhirnya tercetus ide untuk membuat paranet secara swadana warga madrasah. Paranet sekaligus berfungsi sebagai rambatan tanaman Markisa.


 






g. Pengadaan pengaman bola
Untuk menghindari hantaman bola ke kaca, maka dibuatlah jaring-jaring pengaman, terbuat dari tali dan besi, yang berfungsi sekaligus sebagai rambatan buah manisah.
 




h. Pengecatan Gedung

 






2.  Penataan Psikis Madrasah
Penataan psikis yang bisa kami lakukan, antara lain:
a.   Perubahan dan revisi Visi Misi dan Tujuan Madrasah, seperti yang tertera di atas.
b.  Perumusan kembali Tata Tertib Madrasah
c.   Penataan psikis Peserta Didik Madrasah dengan mengadakan Jum’at Sehat, rangkaian dari Jum’at Bersih. Juga Pembiasaan Sholat Dhuha dan Dhuhur berjama’ah, yang diikuti Kultum maupun Pembinaan mental lainnya.
 










3.  Pembelajaran
Pembelajaran di kelas mulai diupayakan untuk memberikan kesempatan peserta didik untuk berekspresi dan berbuat. Tidak sekedar konsep dan teori tetapi praktik di dalam dan luar kelas juga upayakan agar prinsip-prinsip madrasah ramah anak bisa diterapkan. Pripsip SRA dalam Rencana Pembelajaran bisa diselipkan dalam langkah-langkah pembelajaran, misalnya pada saat pembentukan kelompok ada pernyataan “membentuk kelompok dengan porsi yang seimbang antara siswa putri dan putra, serta memberi kesempatan yang sama pada slow learners dan fast learners.
 

4. Pengaduan
Pengaduan terhadap masalah-masalah yang muncul bisa dilakukan dalam 2 cara. Yang pertama, melalui kotak saran untuk peserta didik yang malu berbicara secara langsung. Yang kedua, melalui pengaduan langsung kepada wali kelas ataupun BP dan Kesiswaan.
https://scontent-sin6-2.xx.fbcdn.net/v/t1.15752-9/37418493_10214910802037176_230000171625218048_n.jpg?_nc_cat=0&oh=812f317e8de8d685b385bb0034583517&oe=5C12BD87
 








5. Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Seni Budaya
Penanaman Nilai karakter disampaikan dalam kegiatan pembiasaan setiap pagi, dalam praktik sehari-hari dan dalam agenda terprogram lainnya. Mial kegiatan rutin ekstrakurikuler Pramuka. Banyak karakter yang bisa ditanamkan pada peserta didik, yaitu: karaktur jujur, mandiri, tanggungjawab, percaya diri, bekerjasama, tolong menolong, saling berbagi, dan lain-lain. Kemitraan dengan instansi terkait sangat membantu dalam pembentukan karakter positif peserta didik MTsN 6 Jombang.



https://scontent-sin6-2.xx.fbcdn.net/v/t1.15752-9/37388568_10214910872358934_9214767920280764416_n.jpg?_nc_cat=0&oh=b7b4fe814e82a3c06d94a2a300a76013&oe=5BC6EFC3
 





Sedangkan untuk seni budaya, madrasah mengembangkan seni musik antara lain: drumband, al banjari, dan qosidah. Sendra tari dilatihkan jika ada program besar di madrasah seperti Muwadaah.
 






0 komentar:

Posting Komentar